Sabtu, 12 September 2015

NOW IM JOBSEEKER

 10 September 2015

Hai blogger-blogger sekalian, semoga hari-hari kita selalu baik dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa ya! Amin. Langsung saja, postingan kali ini aku mau cerita tentang beberapa pengalaman pencarian kerja ato bahasa kerennya jobseeker, setelah aku dinyatakan lulus tanggal 27 Agustus 2015 yang lalu, setelah melaksanakan sidang skripsi yang begitu alot. Puji Tuhan bahwa aku bisa lulus, menyandang gelar sarjana pendidikan, di bidang studi matematika. walaupun backgroudku  notabene menjadi guru, untuk beberapa tahun ke depan aku mau belajar dan mempelajari dunia luar yang belum pernah aku ketahui sebelumnya, disesuaikan juga dengan kemampuan dan pengalaman yang aku miliki selama bersekolah dan menempuh pendidikan, aku yakin aku dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang mumpuni, sebelum bergabung dengan guru-guru hebat yang pernah aku temui. 

Secara jujur, sekarang aku sudah mulai sampai pada titik jenuh setelah selama ini mengikuti berbagai macam interview, namun nyatanya aku belum seberuntung itu. beberapa saat, aku menjadi rendah diri dan tidak lagi begitu bersemangat mencari dan melamar pekerjaan. bila hidup kita bernilai 100%, maka saat ini yang aku rasakan adalah 30% putus asa, 30% merasa tidak yakin, tapi masih ada 40% semangat yang aku miliki. ditambah dengan semangat yang tiada henti yang diberikan oleh seseorang terdekatku a.k.a pacar (hehe) aku masih menjadi seseorang yang mau untuk berusaha untuk mencoba sampai Tuhan memberikan aku pencerahan dan kesempatan untuk dapat bekerja dan mengembangkan diri serta "menjual diriku" hahahaha. 


Pertama kali merasakan interview waktu aku iseng-iseng melamar pekerjaan di salah satu bank terbesar di Indonesia, yakni BCA. Namun karena aku yang membacanya kurang teliti, aku main melamar saja ke bagian MT-IT huahaa. aku pikir awalnya itu adalah managemet trainee biasa, tapi setelah mendapat panggilan untuk psikotes, aku baru tahu klo mt-it itu bukan sama sekali bidangku. tp yah namanya kesempatan, aku maju terus lah. :D



Waktu itu hari Selasa, 6 juni 2015, pertama kali merasakan psikotes yang lumayan susah di BCA. tempatnya di JDC (Jakarta Design Centre) jam 8-13 ikut psikotes. tes pertama, seperti biasa ada tes lawan kata, persamaan kata, aritmatika, soal umum, sampe yang lumayan sulit adalah tes kertas koran ato disebutnya Krepelin. untuk tes ini kuncinya adalah keteraturan kita dalam menghitung, jangan panik, dan tetap konsentrasi. setelah semua tes dilalui, selanjutnya kita dikasi kesempatan untuk istirahat, sambil menunggu pengumuman lolos ke interview. ternyata aku lolos untuk tahap selanjutnya. abis itu jam 13.00 setelah diumumin lolos, bebrapa perserta yang lolos dilakukan tes lagi, yakni les menggambar orang dan tes menggambar kotak yang ada delapan (lupa nama tesnya). baru kemudian, dikasi tau lagi jadwal untuk melakukan interview psikologi. bebrapa hari setelah itu, dilakukan interview psikologi di gedung BCA slipi. aku yakin nggk yakin, tapi lanjut sajalah.. setelah interview dilakukan, sampe sekarang bulan september, belum ada kabar apapun buatku.. hmm yah, aku bisa menyimpulkan klo aku nggk lolos. sedihnyo :(


tapi waktu terus bergulir dan aku terus berusaha. suatu kali ada panggilan lagi interview yang kedua kalinya. 21 Agustus 2015 dipanggil untuk interview mt RC Corp Indonesia. bingung, seneng, banyak banget pikiran waktu itu. sampai akhirnya aku dateng ke sana dan bodohnya aku di sana baru mencari-cari itu perusahaan apa. cari di google, baru masukin keywords udah keliatan klo perusahaan ini nipu. yaampun sedih banget pas itu. setelah tau, mau nggak mau tetap melanjutkan interview, dan nggk ada pikiran untuk bisa lolos. sampe sekarang nggk ada panggilan, so lagi-lagi aku gagal kedua kalinya :( by the way, hati-hati untuk jobseeker lainnya yah!


tiada pernah henti untuk berusaha, ada panggilan lagi ketiga dari PT. Novell Pharma Lab sebagai sekretaris. sebagai seseorang yang pernah  memiliki pengalaman sebagai sekretaris dalam berbagai organisasi, dengan percaya diri luar biasa aku mengikuti interview dan psikotes. waktu itu interview di tanggal 3 September 2015. walaupun tempat yang cukup jauh di daerah gunung putri, bogor, aku tidak menyerah. dengan semangat yang tinggi dan keyakinan yang besar aku bisa diterima di sini, dengan doa daya dan upaya, aku melakukan serangkaian psikotes dan interview. psikotes dilakukan dari jam 8 pagi sampai jam 13.00 siang. banyak banget tesnyaa. tapi miri-mirip seperti tes di BCA, ada tes persamaan kata, perbedaan, hitungan, ingat kata, tes kertas koran, tes menggambar orang, menggambar pohon, tes delapan kotak (oya tes wartegg namanya), sampai interview langsung dilakukan sekaligus. lumayan melelahkan dan ditambah tidak ada makan sianggg! yaampun. tapi, apa daya. namanya juga berusaha. hahaha. setelah semua tes dilakukan, pulanglah aku dengan perasaan pasrah dan biarlah Tuhan yang berencana. tapi sampai sekarang seminggu setelah hari itu, aku belum dapat panggilan lagi.. dan aku liat PT. Novell membuka lowongan yang baru lgi dengan posisi sekretaris juga di jobstreet. hm.. setelah melihat itu aku langsung yakin seyakin-yakinnya klo aku nggk dipanggil dan nggk diterima di sana.. sedih banget :( gagal lagi ketiga kalinya.. :(


keempat, baru saja beberapa hari yang lalu aku di panggil interview di Bank Mandiri sebagai posisi ARM. fiuh, yang menginterviewku adalah seorang ibu-ibu yang sepertinya sudah cukup lama di bank Mandiri. bodohnya aku tidak terlalu mempelajari tentang bank Mandiri dan posisi ARM itu. tapi diberi tahu posisi ARM kalau diterima, gaji sebesar 3,3 juta dengan kontrak selama 2 tahun. klo kurang dari 2 tahun memutuskan untuk resign, akan kena pinalti sebesar 80 jt.. hm.. sudah pasrah dengan kegagalan kemarin-kemarin, aku sudah yakin yang ini akan tidak berhasil juga.. sedih :(


Yah.. begitulah untuk beberapa pengalamanku sebagai seorang fresh graduate dan jobseeker. sedih mengalami berbagai macam kegagalan, tidak membuatku menjadi putus asa untuk selanjutnya. aku yakin msih ada rencana indah yang akan aku temui. aku harus berdoa dan berusaha sebaik mungkin. SEMANGAAT! :)


Keep staying ya! 


GIG


1 komentar:

  1. semangat mba :) suatu saat pasti ada rezekinya.. hanya belum jodoh saja.

    BalasHapus

 
mydailystory Blogger Template by Ipietoon Blogger Template